TUNGGU DOK PAK, DPUPR KOTA MALANG BAKAL SULAP SALURAN AIR SEPERTI DI JEPANG

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang, melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) dan Drainase, bakal lebih mengembangkan kawasan sekitar saluran air atau sungai seperti sungai-sungai di Jepang. Pada saluran air atau sungai di kawasan Kampung Terong, Lombok, Lele dan Tomat (Telolet Om) bakal diberikan filter air yang akan semakin meningkatkan kualitas air.

Kepala Bidang (Kabid) SDA dan Drainase, Ir. Bambang Nugroho mengungkapkan, seperti Telolet satu, akan dibuatkan semacam filter air, dengan menggunakan batu kerikil, arang, maupun ijuk dan bahan lainnya, yang akan menyaring air. “Sehingga airย keluarannya bisaย jernih seperti sungai di Jepang, kemudian di situ dikasih ikan lele atau bisa saja ikan lainnya, di situ kan juga bisa menyaring sampah-sampah, sehingga membersihkannya pun juga mudah,” jelasnya.

Selain pada Telolet satu, nantinya filterisasi juga akan diaplikasikan pada Kampung Telolet ke empat yang akan dibuat di kawasan jalan Simpang Jombang. Di sana punย akan dibuat sudatan yang juga akan diberi filter air. “Ya biar seperti Jepang juga. Namun untuk aplikasinya, saat ini masih menunggu dok Perubahan Anggaran Keuangan,” beber Banu panggilan akrab Kepala SDA dan Drainase ini.

Sementara itu, untuk Kampung Telolet lainnya, seperti di kawasan Pulosari, di sana akan dibuat inovasi sebuah pembangkit listrik memanfaatkan aliran sungai.
Namun pembangkit listrik tersebut bukan untuk skala besar, melainkan hanya untuk menerangi, mengaliri Penerangan Jalan Umum (PJU) kawasan sekitar Kampung Telolet.
“Untuk itu, kami juga sudah bekerjasama dengan perguruan tinggi, untuk merealisasikan itu, termasuk menyediakan generatornya,” pungkasnya.ย  (MN).

Share

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *