TINGKATKAN MUTU SDM, DPUPR KOTA MALANG LAKUKAN DIKLAT KETRAMPILAN

Demi meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam segi mutu dan memenuhi ketersediaan tenaga kerja yang memiliki sertifikasi ketrampilan di Bidang Jasa Kontruksi di Kota Malang, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang melalui Bidang Cipta Karya (CK) melaksanakan Diklat Kompetensi dan Sertifikasi Survey Kontruksi Bangunan Gedung dan Jalan/Irigasi, Diklat Juru Gambar Asitektur dan Diklat Kompetensi dan Sertifikasi Pekerjaan Batu dan Beton kepada 30 orang kelas juru ukur, 30 orang kelas juru gambar dan 40 orang kelas tukang pasang bata.

Pelaksaan kegiatan tersebut dilakukan selama 3 hari, mulai tanggal 26, 27, dan terakhir pada tanggal 28/nov/2018, bertempat di gedung Pasca Sarjana Universitas Merdeka (Unmer) Kota Malang dan di PPPPTK Boe VEDC Kota Malang.

Hari pertama, acara pembukaan, dan buka oleh Sekretaris DPUPR Kota Malang, Ir. Sumardi Mulyono (juga PLT Bidang CK), ketua pelaksana Eko Setyo Mahanani ST, MT, yang juga sebagai Kepala Seksi di Bidan CK, dan perwakilan dari PPPTK Beo VEDC Dr. Muh. Sholeh, dan Dr. Iskandar (dari LPJK Prov. Jatim), dan dilanjutkan penyampaian materi.

Setelah pemaparan dan pendalaman materi pada hari pertama, hari kedua pelaksanaan praktek kelas Pasang Bata, praktek Juru Ukur (survey) dan praktek Juru Gambar. Dan hari terakhir, dilakukan ujian sertifikasi dari tim Asesor Kompetisi Tenaga Kerja yang terbagi menjadi 3 kelas.

1. Kelas Juru Ukur oleh Drs. Suwardaya Aji, Rachmad Yuda Timor, ST dan Achmad Heriyanto, ST.

2. Kelas Juru Gambar oleh Drs. Cahyo Kuncoro, Drs. Amin Suminto M.Si, dan Ir. Agus Indarto, MT.

3. Kelas Tukang Pasang Bata oleh Drs. Feriyanto, MT, dan Drs. Hery Tarno, Dpl, HBT, MT.

Dan dari hasil tersebut, dari kelas Juru Ukur yang beranggotan 30 peseta dinyatakan Kompeten (lulus) semua, kelas Juru Gambar jumlah 30, yang tidak kompeten 2, dan dari kelas Pasang Bata dari 40 peserta tidak kompeten 5.

Dengan harapan kedepan, adanya kerja sama secara terus menerus, antara Pemerintah Kota Malang, Stake Holder dan Masyarakat Kota Malang untuk memiliki Sertifikat dan Ketrampilan dalam bekerja di Bidangnya.  (MN).

 

Share

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *