SIAP MAJUKAN MALANG RAYA, WALIKOTA MALANG, WALIKOTA BATU DAN BUPATI MALANG DUDUK SATU MEJA

Pemerintah Kota (PEMKOT) Malang menjadi tuan rumah makan malam bersama sekaligus penandatanganan nota kesepahaman antara tiga pucuk pimpinan eksekutif, Walikota Malang Sutiaji, Walikota Batu Dewanti Rumpoko serta Bupati Malang Rendra Kresna. Tak hanya kepala daerah yang hadir, sekretaris daerah (sekda) dan kepala-kepala organisasi perangkat daerah (OPD) termasuk kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) kota Malang Ir. Hadi Santoso, serta Forkopimda Kota Malang, senin 27/8/2018.

Pertemuan yang baru kali pertama digelar itu diharapkan menjadi tonggak baru kemajuan Malang Raya. Sekda Kota Malang Wasto mengungkapkan bahwa pertumbuhan pariwisata, infrastruktur, hingga soal lingkungan hidup di Malang Raya bakal dikebut. Terlebih setelah pemerintah daerah (PEMDA) di tiga wilayah, yakni Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu mulai kompak dan sepakat berjalan bersama-sama.

Sebelumnya, pertumbuhan di Malang Raya tampak berjalan sendiri-sendiri. Misalnya, Kota Malang mencitrakan diri sebagai kota wisata heritage, Kota Batu dengan wisata buatannya, dan Kabupaten Malang dengan wisata alamnya. Akan tetapi, kini tiga kepala daerah yang memimpin masing-masing wilayah berkomitmen untuk bersinergi dalam kebijakan dan pembangunan Malang Raya.

Menurut Wasto, pimpinan ketiga daerah telah sepakat membangun wilayah bersama dalam koridor Malang Raya. Meskipun secara teritorial dan geografis terpisah oleh batas-batas administratif, tetapi Malang Raya telah dikenal sebagai satu kawasan terpadu. “Jadi dibahas nanti ke depan soal kebijakan pembangunan antar daerah yang saling bersinggungan,” pungkasnya.

Sutiaji membawa angin baru dalam sejarah pengembangan Malang Raya. Di bawah kepemimpinan pria yang juga Plt Wali Kota Malang itu, tiga kepala daerah berhasil berkumpul untuk bersama-sama membangun komitmen pengembangan wisata, infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat Malang Raya. Dengan hangat, Sutiaji menyambut dua sejawatnya yakni Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Bupati Malang Rendra Kresna.

Sebagai tuan rumah, Sutiaji hadir pertama sekitar pukul 19.00 WIB. Mengenakan kemeja batik dengan corak bebungaan biru-kuning, Sutiaji tampak menerima kedatangan Dewanti Rumpoko yang tampil serasi dalam balutan kebaya merah dan kain batik. Tampak hadir pula Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Wakil Bupati Malang Sanusi, dan Plt Kepala Bakorwil Malang Budi Santosa.

Dalam jabat erat, Sutiaji juga menyongsong kedatangan Bupati Malang Rendra Kresna yang hadir mengenakan kemeja berwarna cokelat semu hijau. Usai bertemu, mereka lantas bercakap-cakap hangat sesekali disertai canda. Tampak hadir pula Sekda Kota Malang Wasto, Sekda Kota Batu Zadim Effisiensi dan Sekda Kabupaten Malang Didik Budi Muljono. Serta tiga Kapolres, Komandan Kodim dan jajaran kepala organisasi perangkat daerah (OPD) tiga wilayah Malang Raya.

Plt Wali Kota Malang Sutiaji menegaskan, ketiga kepala daerah telah menyepakati untuk menguatkan koordinasi dan komunikasi bersama dalam semangat Malang Raya. “Kami akan bangun tradisi bersama, dalam satu forum yang menghadirkan masing-masing OPD agar ada sebuah konektivitas dan sinergitas program,” ujarnya.  (MN).

Share

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *