SATGAS DPUPR KOTA MALANG LAKUKAN NORMALISASI PASCA RUKO ROBOH DISUHAT

Pasca robohnya ruko yang berada di kawasan Soekarno Hatta Indah II blok E1 kemarin rabu sore, (28/2/2018), Satuan Tugas (SATGAS) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang melakukan normalisasi aliran sungai terdampak ruko yang roboh.

Koordinator Satgas DPUPR Kota Malang, Hari Widodo mengungkapkan, bahwa pihaknya bersama pesonel SATGAS melakukan pembersihan di aliran sungai agar nantinya jika kembali hujan, banjir dan longsor tidak kembali terjadi lagi. “Tadi dilakukan normalisasi darurat, supaya nanti aliran sungai tidak meninggi jika kembali hujan, kita bersihkan sisa runtuhan bangunan di sungai,” ungkap koordinator yang akrab disapa Bengbeng ini (1/3/2018).

Lanjut Bengbeng, dari pantauan tim SATGAS DPUPR, penyebab terjadinya longsor tersebut karena memang di samping pasangan yang tidak kuat, struktur tanah tempat bangunan tersebut juga merupakan tanah urukan. “Nah karena itu tanah urukan mungkin nggak kuat menahan beban yang cukup berat dengan dua lantai. Apalagi juga dekat dengan aliran sungai, sehingga ketika guyuran hujan deras, tekanan air pada plengsengan kuat, beban bangunan juga menekan ke tanah, maka terjadilah longsor itu,” ungkapnya.

“Untuk tindakan selanjutnya, masih menunggu instruksi dari pimpinan lagi, yang terpenting arus saluran air sudah lancar,” tambahnya.    Kejadian Ruko ambruk tersebut terjadi sekitar pukul 17.30 wib, dimana sebelum kejadian terjadi di dalam ruko tersebut masih banyak orang yang sedang asik bermain game. Beruntung semua orang yang sebelumnya berada di dalam bisa menyelamatkan diri terlebih dahulu sebelum ruko tersebut roboh.

Robohnya ruko tersebut ditandai dengan bocornya atap bangunan dan banjir yang meluap dari sisi depan. Setelah itu, akhirnya banjir merobohkan tembok sehingga air masuk ke saluran air dan menggerus plengsengan penahan bangunan. Karena tak kuat terus digempur air dan menahan beban bangunan, akhirnya ruko tersebut roboh.  (MN).

Share

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *