REALISASI TOL MAPAN AKHIR TAHUN INI, DPUPR KOTA MALANG PERLEBAR JALAN PENUNJANG

Tol Malang – Pandaan rencananya akan mulai dioperasikan pada akhir tahun ini. Kota Malang mulai berbenah, khususnya di jalan yang akan menjadi akses keluar masuk kendaraan dari dan akan ke tol. Sejumlah jalur penunjang exit tol Mapan yang berada di Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, mulai dilebarkan, diantaranya kawasan Jalan Sulfat dan Jalan Ciliwung.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang Ir Hadi Santoso mengatakan, kedua jalan tersebut memang diprioritaskan, sebab memiliki lokasi berdekatan dengan kawasan Madyopuro dan sering dimanfaatkan pengguna jalan. “Kemungkinan realisasi tol Mapan akhir tahun ini, maka persiapan kami juga harus benar-benar matang di sana,” ungkap kadis yang akrab disapa Soni ini.

Persiapan yang dilakukan di lokasi jalan penunjang dikatakannya dimulai dari pemasangan rambu lalu lintas hingga pelebaran jalan. Pihaknya juga sedang melakukan pemetaan jalan-jalan mana saja lainnya yang perlu dilebarkan dan diperbaiki sebagai penunjang exit Tol Mapan ini. Meski begitu, Mantan Kadis Pertanian Kota Malang ini juga menyebut beberapa jalan dan kawasan yang akan disiapkan untuk jalur penunjang exit Tol Mapan, yakni Jalan Madyopuro ke Jalan Ki Ageng Gribig, Muharto, Pasar Kebalen, dan Jalan Gatot Subroto.

“Selain itu yang dari Madyopuro ke Jalan Ki Ageng Gribig, Jalan Danau Toba, Sawojajar, Jalan Sulfat,” tegasnya. Ia menambahkan, sejumlah jalur tersebut dapat digunakan pengendara yang melalui exit tol Mapan untuk menuju Kabupaten Malang, pusat Kota Malang, dan Kota Batu.
Menurut Soni jalur yang akan digunakan pengendara setelah keluar dari kawasan Madyopuro tentu perlu untuk diperbarui dengan rambu-rambu. Termasuk sudut jalan, marka jalan, dan traffic light yang perlu disesuaikan dengan potensi keramaian nantinya.  (MN).

Share

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *