POTENSI HUJAN TINGGI, DPUPR KOTA MALANG HIMBAU WARGA UNTUK SELALU WASPADA

 

Bencana alam memang datang tak diundang, pulang tidak diantar. Menyisakan kerusakan material dan korban jiwa masyarakat yang tidak sedikit. Kondisi tersebut telah terjadi dalam beberapa tahun belakangan ini. Bahkan intensitasnya semakin tahun mengalami kenaikan. Angin puting beliung, tanah gerak, tsunami, banjir, longsor  kerap melanda wilayah-wilayah di Indonesia, termasuk Kota Malang.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang tanggap untuk meminimalisir bencana dengan setiap hari menerjunkan Satuan Tugas (SATGAS)nya untuk meninjau dan menormalisai lokasi yang rawan bencana, khusunya gorong-gorong yang tersumbat sampah dan yang ambrol.

Kepala DPUPR Ir. Hadi Santoso menuturkan, Satgas DPUPR Kota Malang tiap hari kami turunkan untuk menyisir lokasi-lokasi yang rawan bencana, atau yang mendapat pengaduan, “mereka langsung terjun ke lokasi, menormalisasi dan meminimalisir terjadinya genangan air atau banjir, apalagi sekarang adalah musim hujan” ujarnya.

Masih menurut Soni, panggilan akrab Kepala DPUPR Kota Malang ini, intensitas dan potensi hujan di Kota Malang akhir-akhir ini memang tinggi, ” kami menghimbau untuk warga Kota Malang untuk selalu waspada, terutama yang berada di sekitaran bantaran sungai, karena suatu saat air bisa datang dengan tiba-tiba dengan intensitas sangat besar, juga tetap menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dan membuang sampah pada tempatnya”. Pungkas Soni.

Bencana alam adalah pengingat bagi kita, bahwa kita harus lebih memperhatikan keseimbangan Alam, lebih memperhatikan hakikat diri kita sebagai pemimpin di muka bumi ini. Jika Tuhan tidak pernah menciptakan bencana alam, Maka kitalah yang akan menghancurkan Alam, karena kita tak termotivasi untuk merawatnya.  (MN).

Share

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *