PEMKOT MALANG AKAN BENAHI JALUR PENYANGGA SAMBUT TOL MAPAN

Proses pembangunan tol Malang-Pandaan (MAPAN) kembali digeber. Beberapa titik termasuk di Kota Malang saat ini sudah kembali digarap, salah satunya kawasan yang berada di Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang. Sejak beberapa minggu terakhir, tampak aktivitas pembangunan jalan di kawasan interchange di Madyopuro dilakukan setelah sebelumnya sempat mandek beberapa saat. Jika sesuai rencana, jalan yang mempersingkat jarak Malang dan Pandaan itu akan mulai dimanfaatkan pada akhir tahun ini.
Melihat perkembangan pembangunan yang kembali digeber, Pemerintah Kota Malang pun mulai mematangkan persiapan untuk jalan penyangga yang besar kemungkinan akan dimanfaatkan para pengendara yang akan menuju pusat Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang. “Dalam forum sinergi sebelumnya, telah diusulkan beberapa daerah untuk dijadikan sebagai jalan provinsi atau jalan nasional. Semua sudah kami usulkan bersama Pemerintah Kabupaten Malang, karena jalur yang dilewati bukan hanya jalur yang ada di Kota Malang saja,” terang Sekretaris Daerah Kota Malang, Drs. Wasto belum lama ini.
Berdasarkan usulan tersebut, pemerintah Kota dan Kabupaten Malang sepakat untuk menambah akses baru jalan, karena saat tol sudah difungsikan, maka dipastikan volume kendaraan di pintu keluar akan menumpuk lebih banyak ketimbang sebelumnya. Dari arah pintu keluar di Madyopuro, menurutnya salah satu kawasan yang menjadi perhatian adalah akses yang berasal dari Jl. Danau Jongge. Dari arah tersebut, akan dibuat satu jalur yang nantinya tembus hingga ke kawasan Jl Sulfat. “Jalan kembar di kawasan SPBU sebelum masuk area Jl. Sulfat akan dihidupkan.
Jadi akan ada penambahan jalan di kawasan tersebut, yang panjangnya tidak terlalu jauh,” papar Wasto. Usulan tersebut menurutnya sudah dimatangkan dan disampaikan bersama Pemerintah Kabupaten Malang kepada pemerintah pusat. Selain persiapan tersebut, beberapa titik pusat kota saat ini juga sudah mulai dilebarkan. Satu diantaranya adalah kawasan Jl Ciliwung. “Untuk jalan di kawasan Kedungkandang sampai ke Bululawang juga sudah kami (pemerintah Kota dan Kabupaten Malang) usulkan untuk menjadi jalan provinsi,” pungkasnya.  (MN).

Share

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *