PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR MASIH MENJADI IDOLA MUSRENBANG KELURAHAN TLOGOMAS

Pemerintah Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan (Musrenbangkel) Tahun 2019 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2020.  Kegiatan yang dilaksanakan di aula kantor Kelurahan Tlogomas, diikuti seluruh Ketua RW, RT, Lurah dan para Stafnya, serta perwakilan sejumlah satuan kelompok Masyarakat dan Organisasi Kemasyarakatan lainya, minggu 20/1/2019.

“Musrenbangkel ini dapat dijadikan sebagai media interaktif bagi segenap stakeholders kelurahan  untuk menetapkan program pembangunan prioritas di Kelurahan Tlogomas. Ini merupakan komitmen kita bersama untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkualitas, efektif, efesien, transparan dan akuntabel,” ucap Azis Maulana, wakil ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kelurahan Tlogomas yang memimpin jalanya Musrenbangkel.

Selain itu, dirinya menghimbau agar dalam pelaksananaan musrembang tingkat kelurahan, mempunyai konsep musyawarah. Tujuannya untuk memfasilitasi penyampaian aspirasi masyarakat, khususnya di Kelurahan Tlogomas.

Musrenbang di tingkat Kelurahan ini tetap mengacu kepada tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah RPJPD dan RPJMD, dimana dalam proses penyusunan dokumen perencanaan, wajib mengikut sertakan seluruh komponen masyarakat yang ada.

“Dalam pelaksanaannya. musrenbang ini juga harus ada keterlibatan masyarakat didalamnya. Sebab konsep musrenbang adalah musyawarah atau partisipatif dan dialogis. Dimana segala aspirasi masyarakat difasilitasi. Selanjutnya disepakati atau diputuskan bersama skala prioritas yang mana yang akan ditetapkan untuk dibawa pada musrenbang tingkat Kecamatan dan Kota Malang,” jelas Azis Maulana yang juga sebagai ketua RW 01 Kelurahan Tlogomas ini.

Dalam acara Musrenbang Kelurahan Tlogomas, terdapat sejumlah prioritas usulan, seperti kesehatan, ekonomi kerakyatan dan kegiatan non fisik lainya. Selain itu usulan prioritas masih berhubungan infrastruktur jalan, meliputi Hot Mix dan Pavingisasi yang melekat di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang. “Di kelurahan Tlogomas ini ada 9 RW dan 49 RT, sebelumnya telah dilakukan musrenbang di tingkat RT dan RW beberapa waktu lalu. Ada beberapa usulan prioritas di bidang infrastruktur yang kembali disampaikan dan tetap menjadi idola,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, dirinya juga menyampaikan terima kasih atas berbagai bantuan pembangunan yang telah dilakukan Pemerintah Kota Malang, “dari semua usulan setiap kelompok bidang dibahas dan disusun menjadi prioritas. Selanjutnya akan disampaikan dalam musrenbang tingakat Kecamatan,” pungkasnya.  (MN).

Share

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *