KELOLA APLIKSI SAMBAT ONLINE, DPUPR KOTA MALANG RAIH YANG TERBAIK

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang meraih penghargaan terbaik dalam layanan Sistem Aplikasi Masyarakat Bertanya Terpadu (Sambat) Online, kamis (8/11/2018) di Ruang Sidang Balai Kota Malang dari Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Malang, dengan menyisihkan puluhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Aplikasi tersebut dibuat untuk memfasilitasi warga Kota Malang yang ingin menyampaikan keluhannya.

“Dengan sistem layanan pengaduan ini diharapkan aspirasi berupa saran, kritik dan pengaduan masyarakat terkelola dan tertangani dengan baik, sehingga terwujud pelayanan publik yang baik, di samping itu setiap hari DPUPR Kota Malang selalu mengabdet kegiatanya di Webside dan Facebook, dan alhamdulillah DPUPR Kota Malang menjadi yang no 1” kata Sugeng Mulyo, pegawai DPUPR Kota Malang di bagian Sekretariat ini.

Sambat Online itu sendiri mulai diluncurkan pada 20 Mei 2016, bertepatan dengan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Aplikasi berbasisย short message serviceย (SMS) itu dibuat sebagai tindak lanjut dari Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dan Perwal nomor 19 tahun 2010 tentang penyelenggaraan pelayanan penanganan pengaduan di lingkungan pemerintahan.

Kata Sambat dipilih sebagai representasi lokasi Kota Malang yang berada di Jawa Timur. Sambat merupakan kata Jawa yang artinya mengeluh. ” Seperti namanya, aplikasi tersebut sebagai wahana untuk menampung keluh kesah warga Kota Malang yang kemudian dilanjutkan ke OPD terkait, untuk ditindak lanjuti, Caranya, warga tinggal mengetik sambat spasi keluhan yang ingin disampaikan lalu dikirim ke nomor 081333471111″. pungkas Sugeng.ย  (MN).

Share

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *