JEMBATAN MUHARTO ALAMI KOROSI, DPUPR KOTA MALANG LAKUKAN UPAYA PERBAIKAN

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang terus berupaya mencari jalan keluar guna segera memperbaiki Jembatan Muharto Kota Malang yang mengalami penurunan akibat korosi pada gelagar penopang jembatan.

“Kita sedang berusaha untuk jalan keluar bagaimana perbaikannya itu. Karena harus dibongkar. Karena, pada sisi kanan kiri jembatan mengalami korosi,” jelas Kepala Kepala Bidang Bina Marga Ir. Didik Setyanto.

Mengenai pengantian gelagar jembatan, pihaknya sudah berupaya untuk berkoordinasi dengan Pusat Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) untuk meminta bantuan jembatan baja.

Namun, sayangnya untuk saat ini program tersebut masih belum ada. “Ya nantinya dianggarkan. Namun untuk 2020 nggak mungkin. Karena sistem penganggaran Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) sudah tersusun,” bebernya.

Lanjut Didik, pada 2020 penganggaran adalah untuk jembatan Kedungkandang. ย Jembatan Muharto belum masuk dalam RKA 2020 karena memang baru ketahuan mengalami korosi setelah penyusunan RKA 2020 telah selesai.

“Nggak bisa disisipkan. Kemungkinan nanti kebijakan pimpinan bagaimana nggak tahu, bisa saja di Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) Detail Engginering Design (DED) dulu, dan mungkin fisiknya baru 2021. Tergantung pimpinan nanti bagiamana saya sudah laporkan,” terangnya.

Sebelumnya, hasil uji forensik Universitas Brawijaya (UB) terhadap Jembatan Muharto menyatakan Jembatan Muharto sangat urgent dan segera perlu ada tindakan perbaikan.

Sebab, konstruksi Jembatan Muharto mengalami kerusakan pada beberapa titik. Terjadi deformasi di lantai Jembatan Muharto sekitar 10 centimeter. Pasalnya, gelagar utama penopang lantai jembatan mengalami penekukan akibat korosi.

Korosi sendiri terjadi akibat air hujan yang mengalir dark retakan pelat diatas gelagar memanjang atau gelagar utama. Selain itu, juga terjadi pemisahan (putus) antara web dan flens pada gelagar utama jembatan akibat korosi. Dari situ, berakibat pengurangan mutu baja dan luas penampang. ย (MN).

Share

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *