GARA-GARA PERILAKU JOROK, POTENSI BANJIR MEMBAYANGI KOTA MALANG

Musim hujan memang bisa menjadi ancaman banjir disejumlah titik lokasi di Kota Malang. Pemicunya, antara lain, perilaku jorok sebagian masyarakat yang membuang sampah ke sungai. Satuan Tugas (SATGAS) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kota  Malang  menemukan banyak sampah yang tersangkut di gorong-gorong dan got setiap kali melakukan normalisasi setiap hari.

Petugas mengangkut tumpukan sampah yang mengganggu arus air pada saluran drainase. Sampah itulah yang selama ini menjadi salah satu biang kerok timbulnya banjir di Kota Malang, pasalnya, air tidak bisa mengalir ke saluran dengan sempurna karena tersumbat.

“Kondisi seperti Itu hampir tiap hari dilakukan teman-teman SATGAS DPUPR Kota Malang, dan selalu saja menemukan buah perilaku tidak bertanggung jawab oknum warga yang seenaknya membuang sampah ke saluran saluran air. Tentu wajar apabila muncul emosi geram melihat kondisi itu, ” ujar Kepala DPUPR Kota Malang Ir. Hadi Santoso atau akrab disapa Soni.

Masih menurut Soni, masyarakat harus memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Ia juga ingin agar masyarakat bisa membantu petugas dalam upaya menangani banjir. “Aktifitas itu yang jarang diketahui oleh masyarakat. Mereka yang berjibaku, tak hirau resistensi akan keselamatan, yang ada tekad dan komitmen mewujudkan lingkungan kota yang baik,” terangnya.

Lanjut Soni, di musim penghujan seperti ini, petugas SATGAS DPUPR Kota Malang semakin gencar dan cepat melakukan operasi normalisasi. Itu merupakan wujud konkrit dari sekian banyak langkah-langkah penanganan banjir.

Sementara dari progres data pemetaan ada 26 lokasi titik genangan di kota Malang, dan dalam proses penanganan, meliputi: Jln. Pulosari, Jln. Rajekwesi, Jln. Galunggung, Jln. Jombang, Jln. Jupri, Jln. Bandulan, Jln. Simpang Sulfat, Jln. Bukit Barisan,  Jln. Borobudur, Jln. Pisang Kipas, Jln. Sukarno Hatta, Jln. MT Haryono, Jln. Simpang Bogor, Jln. S. Parman (Carefour), Jln. A. Yani (sekitaran fly-over), Jln. Cengkeh, Jln. Bendungan Siguragura ( dpn Kel. Sumbersari), Jln. Simpang LA Sucipto, Jln. Kalpataru, Jln. Vinolia, Jln. Bendungan Wonogiri, Sekitaran Jln. Raya Candi, Jln. Raden Intan (depan Araya), Jln. S. Supriyadi, Jln. Coklat, Jln. Simpang Gajayana.  (MN).

Share

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *