DPUPR KOTA MALANG UJI KUALITAS KETEBALAN ASPAL Di JALAN LEMBAYUNG BUMIAYU

Untuk menjaga kualitas dan kuantitas aspal jalan di Kota Malang, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang melakukan uji ketebalan aspal (CORE) setelah pekerjaan selesai, dan kali ini dilalukan di jalan Lembayung Kelurahan Bumiayu Kedungkandang belum lama ini. Pengujian aspal jalan di beberapa titik jalan di Kota Malang adalah sebagai sampel uji kualitas dan kuantitas aspal.

Tujuan dari pengujian core drill yaitu untuk menentukan atau mengambil sample perkerasan di lapangan sehingga bisa diketahui tebal perkerasannya serta untuk mengetahui karakteristik campuran perkerasan. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui secara detail contoh sampel dilapangan sehingga dapat di kenal sebagai tebal perkerasanya dan mengetahui karakteristik Aspal.

Kepala DPUPR Kota Malang Ir. Hadi Santoso menjelaskan, aspal yang diuji kualitasnya ini merupakan proyek jalan pada tahun 2019. Pihak DPUPR akan meneruskan dan melaksanakan proyek yang sudah terprogram. “Jadi uji kualitas aspal akan diambil sampelnya setiap 50 meter. Kita gunakan alat boring untuk melakukan pengeboran dan pengecekan kualitas aspal jalan,” ujarnya.

Pengujian kualitas dan kuantitas jalan akan dilihat dari kualitas material jalan, ketebalan, uji ekstrasi, dan kontur aspalnya. “Semua proyek pengaspalan jalan dengan beton atau HOTMIX yang dilakukan DPUPR di Kota Malang, satu persatu akan dicek secara bergiliran, kalau tidak sesuai maka rekanan yang mengerjakanya akan kami tindak tegas dan harus memperbaikinya” terang pria energik ini.  (MN).

Share

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *