DPUPR KOTA MALANG KEBUT PERBAIKAN JALAN DAN DRAINASE DI WILAYAH KLOJEN

Perbaikan jalan dan Drainase menjadi salah satu pekerjaan penting Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang di kawasan Kecamatan Klojen. Hal tersebut merespon banyaknya keluhan warga terkait jalan rusak dan genangan air yang terjadi beberapa waktu lalu.

Beberapa proyek yang bakal digarap di antaranya peningkatan ruas Jalan Kapten Tendean yang dianggarkan Rp 3,7 miliar. Selain itu, titik lain yang dikerjakan yaitu pemeliharaan berkala Jalan Irian Jaya senilai Rp 1,6 miliar, dan pengembangan jalur lambat Jalan Jaksa Agung Suprapto-Jalan Letjen Sutoyo senilai Rp 1,327 miliar.

Masih di kawasan Klojen, pengembangan Jalan Jakarta dijatah dana Rp 1,9 miliar. Selanjutnya, Jalan Pahlawan Trip disiapkan anggaran senilai Rp 2,7 miliar. Seiring dengan itu, beberapa ruas jalan lain yang juga akan digarap seperti Jalan Andalas Tengah, Jalan Karimun Jawa, Jalan Panjaitan Timur-Barat, Jalan Trunojoyo, dan Jalan Sersan Harun. Pagu anggaran proyek-proyek itu beragam, berkisar antara Rp 200 juta hingga Rp 1 miliar.

Di sisi lain, perbaikan drainase juga tak kalah menyita perhatian. Tahun ini, masih di kawasan Klojen, sejumlah drainase menjadi sasaran perbaikan, seperti saluran gorong-gorong di Jalan Terusan Cikampek senilai Rp 112 juta dan Jalan Semeru Rp 208 juta.

Pada aspek lain, rehabilitasi pedestrian juga disiapkan pada 2018 ini. Beberapa di antaranya adalah pedestrian Jalan Kawi Atas Kelurahan Bareng dengan anggaran Rp 1,9 miliar. Pedestrian lain yang bakal disentuh pembangunan yakni di Jalan Kahuripan senilai Rp 3,9 miliar, Jalan Veteran dengan anggaran Rp 7,4 miliar, dan di Jalan Jaksa Agung Suprapto senilai Rp 985 juta.

Kepala DPUPR Kota Malang Ir. Hadi Santoso, menyebutkan bahwa sebagian proyek tersebut sudah mulai dikerjakan. “Ada beberapa pekerjaan fisik yang telah melalui proses dan baru mulai digarap Mei ini, dan semoga bisa selesai sesui dengan yang dijadwalkan, karena musim sekarang tidak bisa dipredisi ” ungkap pria yang akrab disapa Soni ini. (MN).

Share

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *