DPUPR KOTA MALANG, JALAN JAKARTA SEBENTAR LAGI TIDAK HANYA MULUS TAPI JUGA LEBAR

Sebentar lagi jalan Jakarta di Kecamatan Klojen tidak hanya mulus, tapi juga akan dilebarkan oleh Pemerintah Kota (PEMKOT) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang. Proyek perbaikan Jalan Jakarta sudah dilakukan. Setelah melakukan penambalan jalan berlubang, Dinas PUPR Kota Malang juga melakukan pelebaran jalan di satu sisi, mulai Jalan Ijen sampai pertigaan Jalan Bogor.

Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kota Malang, Ir. Didik Setyanto menjelaskan, pelebaran jalan dilakukan untuk menyamakan lebar jalan di sepanjang Jalan Jakarta. “Yang kami lakukan pelebaran itu pada sisi utaranya, mulai dari Jalan Ijen sampai pada kampus Wearnes. Sementara mulai dari Wearnes ke Jalan Surabaya tidak dilebarkan. Hanya supaya sama saja,” ungkapnya.

Dijelaskannya, lebar pada sisi jalan sebelah timur hanya sekitar 7 meter. Sedangkan sebelah baratnya, mulai dari kampus Wearnes hingga Jalan Surabaya mencapai sekitar 7,6 meter. Oleh sebab itu nantinya rehabilitasi jalan akan dilakukan pada sisi utaranya dengan penambahan sekitar 60 centimeter.

Sampai saat ini, proses pelebaran telah selesai dilakukan dan menunggu kering cor pelebaran jalannya. Selanjutnya hanya menunggu pengaspalan total di sepanjang jalan tersebut. “Kalau untuk pelebarannya sudah berjalan, sudah dicor dengan beton. Insya Allah mungkin nanti malam sudah mulai pengaspalan secara total dengan HOTMIX. Sekarang tinggal menunggu AMP karena harus antre,” papar dia.

Diungkapkannya, pelebaran dan perbaikan Jalan Jakarta menggunakan dana yang disediakan APBD tahun 2018 sebesar Rp 1,850 miliar. Setelah dilakukan tahap pelelangan, CV. Anggara Batu sebagai pemenang mulai menggarap rehabilitasi jalan tersebut dengan nilai kontrak sebesar Rp 1,415 miliar. “Sehingga dengan nilai kontrak sebesar itu kita bisa menghemat uang negara sebesar 23,5 persen dari pagu yang telah disediakan di APBD,” tandasnya.  (MN).

Share

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *