UPT UJI MUTU BAHAN DAN ALAT BERAT

UPT UJI MUTU BAHAN DAN ALAT BERAT

UPT Uji Mutu Bahan dan Alat Berat dibentuk berdasarkan Peraturan Walikota Nomor : 60 Tahun 2016 tentang Pembentukan, Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Uji Mutu Bahan dan Alat Berat pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis yang berada dibawah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang satu Seksi yang berada dibawah Bidang Pembangunan, Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Ruang Kota Malang. Salah satu pelayanan publik di UPT Uji Mutu Bahan dan Alat Berat adalah pelayanan persewaan Alat Berat

DASAR HUKUM
  1. Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 02 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha;
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah;
  3. Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah;
  4. Peraturan Walikota Malang Nomor 27 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang;
  5. Peraturan Walikota Nomor : 60 Tahun 2016 tentang Pembentukan, Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Tata Kerja Unit Pelaksna Teknis Uji Mutu Bahan dan Alat Berat pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.
LOKASI
UPT Uji Mutu Bahan dan Alat Berat berada di Komplek Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Malang

Jl. Bingkil No. 1 Kel. Ciptomulyo Kecamatan Sukun – 65148 Telp. (0341) 325712

PERSYARATAN
  1. Mengisi Form Permohonan Sewa/Pimjam Alat Berat
  2. Foto copy KTP Pemohon/Penanggung jawab.
SISTEM DAN MEKANISME
  1. Penyewa menyerahkan surat permohonan sewa Alat Berat;
  2. Petugas menerima surat permohonan;
  3. Petugas Penerimaan menjelaskan ketentuan dan biaya Persewaan Alat Berat;
  4. Petugas melakukan registrasi permohonan Persewaan Alat Berat;
  5. Petugas penerimaan menyerahkan berkas permohonan Persewaan Alat Berat kepada Kepala UPT untuk di disposisi atau arahan;
  6. Petugas UPT UMBAB menerima dan memproses permohonan sewa Alat Berat;
  7. Petugas UPT UMBAB melakukan pemeriksanaan terhadap Alat Berat yang akan diserahkan kepada Penyewa;
  8. Petugas UPT UMBAB menyiapkan Alat Angkut Pengiriman Alat Berat dan menyiapkan Operator Alat Berat;
  9. Kepala UPT UMBAB menyerahkan alat berat kepada pihak penyewa sesuai dengan surat permohonan dan waktu penyewaan yang telah disepakati bersama;
  10. Petugas melakukan monitoring penggunaan Alat Berat yang telah diserahkan kepada penyewa Alat Berat;
  11. Petugas UPT Menyiapkan Alat Angkut Pengambilan Alat Berat dan Operator Alat Berat;
  12. Kepala UPT menerima pengembalian dan pengecekan Alat Berat dari penyewa ;
  13. Kepala UPT meminta Penyewa untuk menyelesaikan Kewajiban Retribusi persewaan Alat Berat.
PROSEDUR
  1. SOP Retribusi Sewa Alat Berat;
    lihat klik disini
  2. SOP Pinjam Sewa Alat Berat;
    lihat klik disini
  3. SOP Pinjam Pakai Alat Berat.
    lihat klik disini
JENIS-JENIS ALAT
Untuk memberikan pelayanan publik, Layanan Peminjaman Alat Berat didukung oleh personil yang mumpuni dibidangnya, terdiri dari :

No. Jenis Alat Sewa Minimal Tersedia
1. Mesin gilas / wales 6-8 ton 2 hari 3 unit
2. Mesin gilas / wales 3-4 ton 2 hari 2 unit
3. Tandem Roller/ CAT CB 24 2 hari 2 unit
4. Tandem Roller/CAT CB 34 2 hari 2 unit
5. Excavator Mini CAT 304 3 hari 1 unit
6. Truk Fled Desk Kecil 2 hari 1 unit
7. Truk Fled Desk Besar 2 hari 1 unit
8. Dump Truck 2 hari 2 unit
9. Screw  Compresor 125 S 2 hari 1 unit
SUMBER DAYA MANUSIA
Untuk memberikan pelayanan publik, Layanan Peminjaman Alat Berat didukung oleh personil yang mumpuni dibidangnya, terdiri dari :

  1. 10 Operator Alat Berat; dan
  2. 4 Pengemudi Truk