TATA RUANG

Tugas pokok dan fungsi Bidang Tata Ruang   Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang sebagaimana diatur dalam peraturan walikota malang nomor 27 tahun 2016 tentang uraian tugas pokok, fungsi dan tata kerja Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Malang adalah sebagai berikut :

» Tugas Pokok

Bidang Tata Ruang mempunyai tugas membantu Kepala Dinas menyiapkan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi, pemantauan dan evaluasi program kegiatan dan penyelenggaraan pembinaan teknis, administrasi dan sumber daya di bidang pelayanan Tata Ruang.

» Fungsi

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang Tata Ruang;
  2. pengumpulan dan pengolahan data Tata Ruang;
  3. fasilitasi bimbingan teknis, supervisi, konsultasi pelaksanaan Tata Ruang;
  4. penyiapan bahan koordinasi penyelenggaraan Tata Ruang;
  5. penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelayanan Tata Ruang;
  6. penyiapan bahan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia di bidang Tata Ruang;
  7. penyiapan bahan pengawasan atas pelayanan Tata Ruang; dan
  8. pengolahan dan penyajian data Tata Ruang

» Tugas

  1. merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis Bidang Tata Ruang ;
  2. melaksanakan penelitian dan Kajian tentang penataan ruang;
  3. menyusun rencana tata ruang;
  4. mengkoordinasikan penyelenggaraan penataan ruang;
  5. menyelenggarakan sosialisasi peraturan perundangan bidang penataan ruang;
  6. mengembangkan kesadaran dan tanggung jawab masyarakat;
  7. melaksanakan sinkronisasi program pembangunan dan penataan ruang;
  8. menyusun perangkat insentif dan disinsentif;
  9. memproses Penerbitan Keterangan pemanfaatan ruang;
  10. memberikan sanksi pelanggaran penataan ruang;
  11. mengoperasionalisasikan PPNS bidang penataan ruang;
  12. mengevaluasi pemanfaatan ruang;
  13. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA);
  14. menyiapkan bahan dalam rangka pemeriksaan dan tindak lanjut Hasil Pemeriksaan;
  15. menyusun dan melaksanakan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP);
  16. menyusun Perjanjian Kinerja (PK);
  17. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern (SPI);
  18. melaksanakan Standar Pelayanan Minimal (SPM);
  19. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas dan fungsi;
  20. melaksanakan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugasnya.

 

SEKSI – SEKSI

1 » Seksi Perencanaan Tata Ruang

Seksi Perencanaan Tata Ruang mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan dalam rangka Perencanaan Tata Ruang. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Seksi Perencanaan Tata Ruang mempunyai tugas :

  1. menyiapkan dan menyampaikan bahan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Seksi;
  2. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Seksi;
  3. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA) Seksi;
  4. melaksanakan penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW);
  5. melaksanakan penyusunan Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Kota (RTR-KSK);
  6. melaksanakan penyusunan Rencana Detail Tata Ruag (RDTR) dan Peraturan Zonasi (PZ);
  7. melaksanakan penyusunan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL);
  8. melaksanakan penyusunan penelitian dan kajian tentang penataan ruang;
  9. melaksanakan pendidikan dan pelatihan bidang penataan ruang;
  10. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA);
  11. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP);
  12. menyiapkan bahan penyusunan Perjanjian Kinerja (PK) Bidang;
  13. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern (SPI);
  14. melakukan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas; dan
  15. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.

 

2 » Seksi Pemanfaatan Tata Ruang

Seksi Pemanfaatan Tata Ruang mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan dalam rangka Pemanfaatan Tata Ruang. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Seksi Pemanfaatan Tata Ruang mempunyai tugas :

  1. menyiapkan dan menyampaikan bahan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Seksi;
  2. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Seksi;
  3. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA) Seksi;
  4. menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis di bidang Pemanfaatan Tata Ruang;
  5. menyiapkan Bahan Penyusunan Keterangan Pemanfaatan Ruang;
  6. menyiapkan bahan penyusunan perencanaan dan pelaksanaan program di bidang Pemanfaatan Tata Ruang ;
  7. melaksanakan penyelenggaraan kelembagaan koordinasi penataan ruang kota;
  8. melaksanakan pengembangan data dan informasi bidang penataan ruang;
  9. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA);
  10. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP);
  11. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern (SPI);
  12. melakukan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas; dan
  13. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.

 

3 » Seksi Pengendalian  Tata Ruang

Seksi Pengendalian Tata Ruang mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan dalam rangka Pengendalian Tata Ruang. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Seksi Pengendalian Tata Ruang mempunyai tugas :

  1. menyiapkan dan menyampaikan bahan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Seksi;
  2. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Seksi;
  3. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA) Seksi;
  4. menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis bidang Pengawasan dan Pengendalian Tata Ruang;
  5. menyiapkan bahan penyusunan perencanaan dan pelaksanaan program di bidang Pengendalian Tata Ruang;
  6. melaksanakan kegiatan monitoring/inspeksi dan evaluasi pemanfaatan tata ruang;
  7. menyiapkan bahan fasilitasi Kegiatan Fungsi JFT Pengawas TR/PPNS;
  8. melaksanakan penyusunan rekomendasi terhadap penyimpangan pemanfaatan tata ruang;
  9. melaksanakan sosialisasi peraturan perundangan bidang penataan ruang;
  10. melaksanakan penelitian dan pengembangan bidang penataan ruang;
  11. menyiapkan bahan pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM);
  12. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA);
  13. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP);
  14. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern (SPI);
  15. melakukan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas; dan
  16. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.