SUMBER DAYA AIR DAN DRAINASE

Tugas pokok dan fungsi Bidang Sumber Daya Air dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang sebagaimana diatur dalam peraturan walikota malang nomor 27 tahun 2016 tentang uraian tugas pokok, fungsi dan tata kerja Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Malang adalah sebagai berikut :

» Tugas Pokok

Bidang Sumber Daya Air dan Drainase mempunyai tugas membantu Kepala Dinas menyiapkan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi, pemantauan dan evaluasi program kegiatan dan penyelenggaraan pembinaan teknis, administrasi dan sumber daya di bidang pelayanan penyelenggaraan sistem Sumber Daya Air dan Drainase.

» Fungsi

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang Sumber Daya Air dan Drainase;
  2. pengumpulan dan pengolahan data Sumber Daya Air dan Drainase;
  3. fasilitasi bimbingan teknis, supervisi, konsultasi pelaksanaan Sumber Daya Air dan Drainase;
  4. penyiapan bahan koordinasi penyelenggaraan Sumber Daya Air dan Drainase;
  5. penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelayanan Sumber Daya Air dan Drainase;
  6. penyiapan bahan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia di bidang Sumber Daya Air dan Drainase;
  7. penyiapan bahan pengawasan atas pelayanan Sumber Daya Air dan Drainase; dan
  8. pengolahan dan penyajian data Sumber Daya Air dan Drainase.

» Tugas

  1. merumuskan kebijakan teknis di bidang Sumber Daya Air dan Drainase;
  2. mengumpulkan dan mengolah data Sumber Daya Air dan Drainase;
  3. memfasilitasi bimbingan teknis, supervisi, konsultasi pelaksanaan Sumber Daya Air dan Drainase;
  4. menyiapkan bahan koordinasi penyelenggaraan Sumber Daya Air dan Drainase;
  5. menyiapkan bahan pemantauan dan evaluasi pelayanan Sumber Daya Air dan Drainase;
  6. menyiapkan bahan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia di bidang Sumber Daya Air dan Drainase;
  7. menyiapkan bahan pengawasan atas pelayanan Sumber Daya Air dan Drainase; dan
  8. mengolah dan menyajikan data Sumber Daya Air dan Drainase.
  9. merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis Bidang Sumber Daya Air dan Drainase;
  10. menyelenggarakan pelayanan kebijakan daerah mengenai pengembangan dan pengelolaan sumber daya air serta sistem irigasi primer dan sekunder pada daerah irigasi yang menjadi kewenangan kota;
  11. menyelenggarakan pelayanan kebijakan daerah mengenai pengelolaan dan pengembangan sistem drainase yang terhubung langsung dengan sungai dalam kota;
  12. pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA);
  13. melaksanakan bahan dalam rangka pemeriksaan dan tindak lanjut Hasil Pemeriksaan;
  14. menyusun dan melaksanakan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP);
  15. menyusun Perjanjian Kinerja (PK);
  16. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern (SPI);
  17. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas dan fungsi; dan
  18. melaksanakan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan

 

SEKSI – SEKSI

1 » Seksi Pengembangan Jaringan SDA dan Drainase

Seksi Pengembangan Jaringan SDA dan Drainase mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan dalam rangka Pengembangan Jaringan SDA dan Drainase. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Seksi Pengembangan Jaringan SDA dan Drainase mampunyai tugas :

  1. menyiapkan dan menyampaikan bahan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja Seksi;
  2. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Seksi;
  3. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA) Seksi;
  4. menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis bidang Pengembangan Jaringan SDA dan Drainase;
  5. menyiapkan bahan penyusunan perencanaan dan pelaksanaan program di bidang Pengembangan Jaringan SDA dan Drainase;
  6. melaksanakan pelayanan kebijakan daerah mengenai pengembangan dan pengelolaan sumber daya air, sistem irigasi primer dan sekunder pada daerah irigasi yang menjadi kewenangan kota serta sistem dan jaringan drainase;
  7. melaksanakan pengembangan dan penelitian mengenai metode pengelolaan sumber daya air, sistem irigasi primer dan sekunder pada daerah irigasi yang menjadi kewenangan kota serta sistem dan jaringan drainase;
  8. melaksanakan penyediaan sistem data dan informasi untuk mendukung pengelolaan dan pengembangan SDA yang menjadi kewenangan kota;
  9. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA);
  10. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP);
  11. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern (SPI);
  12. melakukan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas; dan
  13. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.

 

2 » Seksi  Pembangunan dan Pemeliharaan SDA

Seksi Pembangunan dan Pemeliharaan SDA mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan dalam rangka Pembangunan dan Pemeliharaan SDA. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Seksi Pembangunan dan Pemeliharaan SDA mampunyai tugas :

  1. menyiapkan dan menyampaikan bahan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Seksi;
  2. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Seksi;
  3. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA) Seksi;
  4. menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis di bidang Penyediaan sarana dan prasarana dalam rangka pembangunan dan pemeliharaan SDA;
  5. menyiapkan bahan penyusunan perencanaan dan pelaksanaan program di bidang Penyediaan sarana dan prasarana dalam rangka pembangunan dan pemeliharaan SDA;
  6. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA);
  7. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP);
  8. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern (SPI);
  9. melakukan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas; dan
  10. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.

 

3 » Seksi

Seksi Pembangunan dan Pemeliharaan Drainase mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan dalam rangka Pembangunan dan Pemeliharaan Drainase. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Seksi Pembangunan dan Pemeliharaan Drainase mampunyai tugas :

  1. menyiapkan dan menyampaikan bahan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja Seksi;
  2. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Seksi;
  3. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA) Seksi;
  4. menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis bidang Pembangunan dan Pemeliharaan Drainase;
  5. menyiapkan bahan penyusunan perencanaan dan pelaksanaan program di bidang Pembangunan dan Pemeliharaan Drainase;
  6. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA);
  7. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP);
  8. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern (SPI);
  9. melakukan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas; dan
  10. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.