DPUPR KOTA MALANG PERBAIKI PLENGSENGAN AMBROL DI KELURAHAN KASIN

Terkadang bencana alam datang tidak diundang, pulang tidak diantar, bagaikan jailangkung dan hantu yang menakutkan, dan Menyisakan kerusakan material dan korban jiwa bagi masyarakat yang tidak sedikit.
Kondisi tersebut telah terjadi dalam beberapa tahun belakangan ini. Bahkan intensitasnya semakin tahun mengalami kenaikan. Angin puting beliung, tanah gerak, banjir, longsor kerap melanda wilayah-wilayah di Indonesia, termasuk di Kota Malang.ย  Semakin mengecilnya volume sungai dan gorong-gorong, bahkan ada yang ditutup kerena disalah gunakan atau dipergunakan untuk kepentingan pribadi oleh oknum yang kurang bertanggung jawab adalah salah satu faktor yang mengakibatkan terjadinya musibah itu. Orang lain dan juga fasilitas umum yang tidak bersalah menjadi korban dampak musibah tersebut.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataa Ruang (DPUPR) Kota Malang melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Drainase dengan cepat membangun dan memperbaiki plengsengan yang ambrol di Kelurahan Kasin Rw 03, tepatnya musibah longsor yang terjadi di Kasin Gang Keramat Rt 7 Rw 03 Kelurahan Kasin Kecamatan Klojenย  yang pelengsenganya ambrol gara-gara tergerus aliran air sungai.

Bapak Salimun yang merupakan warga kasin Gang keramat menuturkan, sudah dua kali ini terjadi plengsengan ambrol di sini, dan itu akibat dari gerusan aliran air sungai, ” saya sudah tinggal di sini selama 50 tahun lebih, dan seingat saya baru ada dua kejadian plengsengan ambrol, dan Alhamdulillah dengan cepat dan segera di tangani oleh pemerintah Kota Malang”, imbuhnya

Di singgung masalah keamanan rumah dan anggota keluarganya ketika terjadi longsor, pria yang berusia 70 lebih ini hanya tersenyum dan menghela nafas panjang, seraya ada hal yang di sesali dan ditakuti, ” ya aslinya saya takut untuk mendirikan rumah yang terlalu mepet dengan sungai, tapi mau bagaimana lagi, mungkin sudah takdir hidup seperti ini, segala resiko akan saya tanggung dengan keluarga”. Tambah Salimun.ย  (MN).

Share

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *