CIPTA KARYA

Tugas pokok dan fungsi Bidang CIPTA KARYA Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang sebagaimana diatur dalam peraturan walikota malang nomor 27 tahun 2016 tentang uraian tugas pokok, fungsi dan tata kerja Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Malang adalah sebagai berikut :

» Tugas Pokok

Bidang Cipta Karya mempunyai tugas membantu Kepala Dinas menyiapkan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi, pemantauan dan evaluasi program kegiatan dan penyelenggaraan pembinaan teknis, administrasi dan sumber daya di bidang pelayanan penyelenggaraan sistem keciptakaryaan.

» Fungsi

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang Cipta Karya;
  2. pengumpulan dan pengolahan data Cipta Karya;
  3. fasilitasi bimbingan teknis, supervisi, konsultasi pelaksanaan Cipta Karya;
  4. penyiapan bahan koordinasi penyelenggaraan Cipta Karya;
  5. penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelayanan Cipta Karya;
  6. penyiapan bahan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia di bidang Cipta Karya;
  7. penyiapan bahan pengawasan atas pelayanan Cipta Karya; dan
  8. pengolahan dan penyajian data Cipta Karya

» Tugas

  1. merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis Bidang kecipta karyaan;
  2. menyelenggarakan pelayanan dan pengendalian penyelenggaraan bangunan gedung diwilayah kota,
  3. memproses Pertimbangan Teknis Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)
  4. memproses Sertifikat Laik Fungsi (SLF)
  5. menyelenggarakan pelayanan penyelenggaraan penataan bangunan dan lingkungan di kota;
  6. menyelenggarakan pelayanan penyelenggaraan pelatihan tenaga terampil konstruksi;
  7. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA);
  8. menyiapkan bahan dalam rangka pemeriksaan dan tindak lanjut Hasil Pemeriksaan;
  9. menyusun dan melaksanakan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP);
  10. menyusun Perjanjian Kinerja (PK);
  11. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern (SPI);
  12. melaksanakan Standar Pelayanan Minimal (SPM);
  13. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas dan fungsi; dan
  14. melaksanakan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugasnya.

SEKSI – SEKSI

1 » Seksi Bangunan Gedung

Seksi Bangunan Gedung mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan dalam rangka penyelenggaraan bangunan gedung.Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Seksi Bangunan Gedung mempunyai tugas :

  1. menyiapkan dan menyampaikan bahan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Seksi;
  2. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Seksi;
  3. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA) Seksi;
  4. menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis bidang Bangunan Gedung;
  5. melaksanakan pengembangan, penelitian dan pengendalian mengenai bangunan gedung di wilayah kota;
  6. memfasilitasi kegiatan Tim Ahli Bangunan Gedung Daerah
  7. melaksanakan pemrosesan pertimbangan teknis Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)
  8. melaksanakan pemrosesan Sertifikat Laik Fungsi (SLF)
  9. melaksanakan penyediaan sistem data dan informasi penyelenggaraan bangunan gedung di wilayah kota, termasuk pemberian ijin mendirikan bangunan (IMB) dan sertifikat laik fungsi bangunan gedung;
  10. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA);
  11. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP);
  12. menyiapkan bahan penyusunan Perjanjian Kinerja (PK) Bidang;
  13. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern (SPI);
  14. melakukan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas; dan
  15. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.

 

2 » Seksi Penataan Bangunan dan Lingkungan

Seksi Penataan Bangunan dan Lingkungan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan dalam rangka Penataan Bangunan dan Lingkungan. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud  Seksi Penataan Bangunan dan Lingkungan mempunyai tugas :

  1. menyiapkan dan menyampaikan bahan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Seksi;
  2. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Seksi;
  3. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA) Seksi;
  4. menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis di bidang Penataan Bangunan dan Lingkungan;
  5. menyiapkan bahan penyusunan perencanaan dan pelaksanaan program di bidang Penataan Bangunan dan Lingkungan;
  6. melaksanakan pengembangan dan penelitian mengenai penataan bangunan dan lingkungan;
  7. melaksanakan penyediaan sistem data dan informasi penyelenggaraan penataan bangunan dan lingkungan;
  8. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA);
  9. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP);
  10. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern (SPI);
  11. melakukan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas; dan
  12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.

 

3 » Seksi Bina Jasa Konstruksi

Seksi Bina Jasa Konstruksi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan dalam rangka Bina Jasa Konstruksi. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Seksi Bina Jasa Konstruksi mempunyai tugas :

  1. menyiapkan dan menyampaikan bahan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Seksi;
  2. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Seksi;
  3. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA) Seksi;
  4. menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis bidang Bina Jasa Konstruksi;
  5. menyiapkan bahan penyusunan perencanaan dan pelaksanaan program di bidang Bina Jasa Konstruksi;
  6. melaksanakan sosialisasi Peraturan Perundangan Jasa Kontruksi;
  7. melaksanakan penyediaan sarana dan prasarana untuk mendukung Penyelenggaraan Pembinaan pelatihan tenaga terampil Jasa konstruksi;
  8. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA);
  9. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP);
  10. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern (SPI);
  11. melakukan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas; dan
  12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.