BANYAK BERINOVASI, KOTA MALANG RAIH UPAKARYA WANUA NUGRAHA

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tak henti menorehkan prestasi. Dan yang terbaru, Wali Kota Malang H.M. Anton menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Penghargaan bergengsi itu dihelat di The Media Hotel and Towers Jakarta, siang kemarin (2/10/17). Kota Malang berhasil menjadi satu-satunya kota di Pulau Jawa yang meraih Upakarya Wanua Nugraha. “Penghargaan diberikan kepada kepala daerah yang dinilai berhasil membina dan melahirkan inovasi di tingkat kelurahan atau desa,” ujar Direktur Evaluasi Perkembangan Desa Kemendagri RI Eko Prasetyanto.

Eko menguraikan, penghargaan tersebut telah melalui tahapan-tahapan seleksi yang ketat. Beberapa kriteria penilaian yang dilakukan di antaranya keberhasilan dalam lomba kelurahan/desa tingkat nasional. Selain itu juga keberhasilan menggerakkan partisipasi masyarakat serta inovasi di wilayah. “Seleksi dilakukan terhadap 279 kandidat dari tingkat provinsi maupun kota/kabupaten. Tentunya kota yang terpilih itu telah memenuhi bobot-bobot penilaian,” terangnya.

Wali Kota Malang H.M. Anton mengungkapkan, penghargaan tersebut diserahkan Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Nata Irawan mewakili Mendagri Tjahjo Koemolo.ย  Anton menegaskan, raihan untuk Kota Malang itu tidak terlepas dari buah kerja sama semua elemen. Keberhasilan itu juga ditopang oleh penguatan program yang mampu menstimulasi empowering (pemberdayaan) masyarakat.

Anton mencontohkan beberapa kegiatan seperti penyelenggaraan otonomi award kecamatan/kelurahan, lomba kampung hijau dan bersih, kegiatan blusukan dua mingguan hingga pengembangan kampung-kampung tematik mendapat apresiasi tinggi dalam seleksi Upakarya Wanua Nugraha. “Raihan prestasi ini adalah momentum yang harus mampu terus kita jaga. ย Karena ini teraih karena adanya energi kebersamaan dan nilai kompetisi untuk memberikan karya terbaik,” ujar Anton.

“Ke depan, saya mengamini pesan dari Presiden dan juga kementerian, ย agar terus mengobarkan dan fokus pada semangat kerja, kerja dan kerja,” tegas Abah Anton, sapaan akrabnya.

Hal sama ditekankan Dirjen Pemdes Kemendagri Nata Irawan. Nata menekankan bahwa helatan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (PINDESKEL II) 2017, yang diselenggarakan Pemerintah tiada lain untuk mendorong semangat daerah berpacu dalam kerja yang berbasis inovasi. “Kami harap dengan penghargaan ini, daerah-daerah mampu menumbuhkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Selain Wali Kota Malang Moch Anton, pada tingkat provinsi, Gubernur Jawa Timur Soekarwo juga menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha, menambah kebanggaan masyarakat Jawa Timur.ย  (MN).

Share

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *