AIR MINUM DAN AIR LIMBAH

Tugas pokok dan fungsi Bidang Air Minum dan Air Limbah  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang sebagaimana diatur dalam peraturan walikota malang nomor 27 tahun 2016 tentang uraian tugas pokok, fungsi dan tata kerja Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Malang adalah sebagai berikut :

» Tugas Pokok

Bidang Air Minum dan Air Limbah mempunyai tugas membantu Kepala Dinas menyiapkan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi, pemantauan dan evaluasi program kegiatan dan penyelenggaraan pembinaan teknis, administrasi dan sumber daya di bidang pelayanan penyelenggaraan sistem Air Minum dan Air Limbah.

» Fungsi

  1. koordinasi kegiatan di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang;
  2. koordinasi penyusunan rencana, program dan kegiatan di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang;
  3. pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, kerumahtanggaan, arsip, dan dokumentasi di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang;
  4. pembinaan dan penyelenggaraan organisasi dan tata laksana, kerjasama, dan hubungan masyarakat; dan
  5. pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) yang menjadi kewenangan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

» Tugas

  1. merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis Bidang Air Minum dan Air Limbah;
  2. merencanakan dan melaksanakan pengembangan, pembangunan dan pemeliharaan SPAM dan instalasi air limbah;
  3. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA);
  4. menyiapkan bahan dalam rangka pemeriksaan dan tindak lanjut Hasil Pemeriksaan;
  5. menyusun dan melaksanakan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP);
  6. menyusun Perjanjian Kinerja (PK);
  7. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern (SPI);
  8. melaksanakan Standar Pelayanan Minimal (SPM);
  9. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas dan fungsi;
  10. melaksanakan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugasnya.

 

SEKSI – SEKSI

1 » Seksi Pengembangan Jaringan Air Minum dan Air Limbah

Seksi Pengembangan Jaringan Air Minum dan Air Limbah mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan dalam rangka Pengembangan Jaringan Air Minum dan Air Limbah. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Seksi Pengembangan Jaringan Air Minum dan Air Limbah mampunyai tugas :

  1. menyiapkan dan menyampaikan bahan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Seksi;
  2. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Seksi;
  3. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA) Seksi;
  4. menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis Pengembangan SPAM dan Instalasi Air Limbah;
  5. melaksanakan pengembangan dan penelitian mengenai sistem penyediaan air minum;
  6. melaksanakan pengembangan dan penelitian mengenai pengelolaan dan pengembangan instalasi air limbah domestik;
  7. menyiapkan bahan penyusunan perencanaan dan pelaksanaan program Pengembangan SPAM dan Instalasi Air Limbah;
  8. menyiapkan bahan pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM);
  9. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA);
  10. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP);
  11. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern (SPI);
  12. melakukan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas; dan
  13. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.

 

2 » SeksiPembangunan dan Pemeliharaan Air Minum

Seksi Pembangunan dan Pemeliharaan Air Minum mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan dalam rangka Pembangunan dan Pemeliharaan Air Minum. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Seksi Pembangunan dan Pemeliharaan Air Minum mampunyai tugas :

  1. menyiapkan dan menyampaikan bahan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Seksi;
  2. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Seksi;
  3. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA) Seksi;
  4. menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis Penyediaan sarana dan prasarana dalam rangka Pembangunan dan Pemeliharaan SPAM;
  5. menyiapkan bahan penyusunan perencanaan dan pelaksanaan program Penyediaan sarana dan prasarana dalam rangka Pembangunan dan Pemeliharaan SPAM;
  6. melaksanakan penyediaan sarana dan prasarana dalam rangka Pembangunan dan Pemeliharaan SPAM;
  7. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA);
  8. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP);
  9. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern (SPI);
  10. melakukan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas; dan
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.

 

3 » Seksi Pembangunan dan Pemeliharaan Air Limbah

Seksi Pembangunan dan Pemeliharaan Air Limbah mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan dalam rangka Pembangunan dan Pemeliharaan Air Limbah. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Seksi Pembangunan dan Pemeliharaan Air Limbah mempunyai tugas :

  1. menyiapkan dan menyampaikan bahan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Seksi;
  2. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Seksi;
  3. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA) Seksi;
  4. menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis bidang penyediaan pembangunan dan pemeliharaan air limbah;
  5. menyiapkan bahan penyusunan perencanaan dan pelaksanaan program di bidang penyediaan pembangunan dan pemeliharaan air limbah;
  6. melaksanakan penyediaan sarana dan prasarana pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah;
  7. melaksanakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA);
  8. menyiapkan bahan penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP);
  9. menyiapkan bahan penyusunan Perjanjian Kinerja (PK) Bidang;
  10. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern (SPI);
  11. melakukan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas; dan
  12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang.